Langsung ke konten utama

Bedah Biografi Naratif Sang Buddha karya Sherab Kรถdzin Kohn

Secara rangka bangun berisi seperti umumnya kita baca, mengisahkan kelahiran, pencarian spritual untuk terbebas dari fenomena kelahiran dan hal yang sudah pasti mengikutinya, peristiwa tersibak tirai batin (Kebuddhaan), hingga menyajikan secara naratif tantangan Sang Tathagata mengajarkan tentang Dhamma. Juga berisi, seperti umumnya problematika keorganisasian, dinamika membangun sangha. Ketika beliau dihadapkan bibit perpecahan disebabkan satu siswa monastiknya, yang kemudian berbalik hendak mengkudetanya dari pimpinan sangha. Dialah Devadatta.

Sebuah biografi epik, dipadukan dengan gaya dialog diantaranya. Walau begitu ada bagian-bagian yang tertulis dalam buku, hemat saya pribadi, cukup sekedar dibaca saja. Dibaca sambil lalu saja.

Koreksi Filsosofis dan Sosial

Dalam pembacaan buku ini, saya menggarismerahi bagian dalam uraian buku yang tampaknya menjadi antitesis dari pandangan reinkarnasi dan (walau tidak tidak dinyatakan terbuka oleh penulis) atman-anatman. Sebuah koreksi filosofis.

Pertama, koreksi terhadap pandangan reinkarnasi atau kelahiran kembali. Pandangan ini dipandang beliau malah menjadi penghalang siapa saja yang berusaha mencapai Keterbebasan dari penderitaan.

Gagasan tentang diri yang kekal, berupa ego atau jiwa, yang terhubung dengan prinsip ilahi yang abadi di alam semesta dan berpindah dari satu kelahiran kembali menuju kelahiran kembali berikutnya ... adalah ilusi dari keinginan diri sendiri ... hal itu hanya akan menjadi penyebab penderitaan ... menjadi penyebab penderitaan yang takkan pernah dilepaskan (h. 101).

Sederhananya, gagasan filosofis kelahiran kembali atau reinkarnasi dalam dirinya terdapat fallacy yang karenanya tak akan mengantarkan kepada Pembebasan dari penderitaan. Pernyataan menjadi koreksi pula terhadap konsepsi kekekalan ruh.

Koreksi kedua adalah ranah konstruk sosial, tentang kebrahmanaan.

Karena 'brahmana' berarti seorang yang menjalani kehidupan suci, menjadi seorang brahmana bukanlah soal kasta yang diwarisi secara turun temurun. 'Siapa pun,' lanjutnya, 'yang telah memurnikan pikirannya dan bersikap rendah hati, adalah seorang brahmana. Hanya karena ia tidak sombong, tidak angkuh, bisakah dia disebut seorang brahmana? (h. 87-88)."

Demikian jawaban Sang Tathagata kepada seorang brahmana yang mencoba mengujinya. Statment yang menentang bangunan mapan tatanan sosial zamannya.

Dalam aspek kesetaraan gender, bahwa kaum perempuan juga punya kapasitas mencapai Liberasi dari penderitaan eksistensial. Atas masukan Ananda, Sang Tathagata akhirnya menyetujui inisiatif sepupu sekaligus siswanya perihal penahbisan bikkhuni.


Poin Menarik

Terdorong oleh kesan beliau jumpai akan kenyataan hidup manusia dan mencari jawaban pertanyaaan eksistensial yang mengganggunya: Bagaimana terbebas dari penderitaan kelahiran, penuaan, kemerosotan atau penyakit, dan kematian?

Ada dua halaman yang berisi hal menarik untuk setidaknya menjadi pemantik bagi kita megeksplorasi terhadap ajaran pembebasan beliau. Dua itu adalah sebagai berikut.

Pertama. Dikisahkan Gautama, yang mencari keterbebasan dari siklus penderitaan dari kelahiran, menjejakkan kaki di wilayah Kerajaan Magadha. Bimbisara, raja kerajaan itu, penasaran dengan pembawaan sang pencari. Ia akhirnya menemuinya di tempat singgahnya, gua di Gunung Pandava.

Bimbisara meyakini potensi si pertapa, yang dilihatnya beberapa hari lalu, memiliki kapasitas mengatur dan memanajemen kekayaan harta. Semacam ajakan bergabung dalam barisan kepemerintahannya, kiranya demikian. Jawab Sang Pencari dengan etis menolak:

Tuan, Anda adalah orang yang baik,' jawab Bodhisatva. 'Tapi saya tidak membutuhkan kerajaan maupun tentara Anda. ... Saya menjalani kehidupan sebagai tunawisma (kehidupan yang tidak bergantung pada tempat tinggal permanen) karena tidak mampu menerima kesewenang-wenangan atas penyakit, usia tua, dร n kematian. Inilah musuh-musuh yang ingin saya taklukkan. Terhadap mereka, pasukan Anda tidak berdaya (h. 56).

Kedua. Setelah memberi analogi ke Raja Prasenajit yang curhat bahwa dia lelah secara emosional dengan urusan kenegaraan dan perang melawan keponakan sendiri, Ajatashatru, tertulis sebagai berikut di halaman 260.

... usia tua dan kematian telah mendekati kita sekarang," Ujar Sang Buddha ke raja tersebut. 

Mengajaknya meletakkan kesibukan duniawi dan manjalankan laku Dhamma.

Dari dua kutipan di atas, kita mencatat bahwa, kutipan pertama, tujuan utama Sang Buddha adalah terbebas dari kelahiran, usia tua, penyakit, dan kematian. Sedangkan kutipan kedua, ia mengatakan perihal bahwa usia tua dan kematian juga menimpa dirinya dan Prasenajit.

Sepintas kontradiktif. Namun konteks kutipan pada ranah berbeda. Kita juga bisa menangkap bahwa pembebasan dari penderitaan (lahir, usia tua, sakit, mati) bukan melalui cara medis atau apalagi mistis, melainkan setidaknya pondasi awal menuju Pembebasan dari siklus penderitaan adalah pemahaman kefilsafatan.



Postingan populer dari blog ini

Review Buku Harmoni Dengan Segala Kehidupan Karya Eckhart Tolle

Buku ini diperhatikan bab-babnya berisi beberapa topik yang di awal-awal menyampaikan perihal kesaatkinian dan korelasinya adalah pelampuan gagasan yang mana meliputi gagasan waktu dan gagasan keterpisahan perihal ilusi eksistensi atau aku terpisah mutlak dari keberadaan lainnya ( atta ), kemudian topik diakhiri perihal "harmoni dengan segala kehidupan", yang dalam bahasa sederhana saya adalah: yang biasa dikira aku sejatinya adalah elemen tiada terpisah dari alam semesta. Anda adalah alam semesta itu sendiri.  Secara sistematis, bab-bab secara serial mengarahkan pembaca kepada kesadaran—apa yang diistilahkan Tolle sebagai—"ruang internal". Sebab di sanalah sumber keberhidupan dan arah tepat pencarian kebahagiaan, ketenangan batiniah. Itu muncul ketika konsepsi aku padam—tidak membersit pada pikiran Anda. Dengan kata lain, Anda menjalani, melakukan, menghadapi yang saat-kini Anda di situ dengan mode pikiran intuitif. Gaya Kebahasaan Gaya pengungkapan keb...

Orang Ewe dan Agama Kepercayaan Tradisionalnya

Orang Ewe bisa dijumpai di  Ghana, Togo, dan Benin. Semuanya adalah negara-negara di bagian barat benua Afrika. Populasi terbesar mendiami Ghana. Tradisi dan kepercayaanya banyak dipengaruhi kebudayaan orang Akan dan Yoruba. Bahasa ibu orang Ewe termasuk rumpun Gbe. Orang Ewe terbagi menjadi klan-klan, tetapi menurut cerita lisan dikatakan berakar pada garis leluhur yang sama. Sistem kepemilikan properti adalah komunal, tidak menganut kepemilikan properti secara individu. Asesedwa , kesenian kayu menyerupai bangku, sangat esensial dalam tradisi Ewe. Karenanya, hal itu dibuat dan diukir sangat hati-hati. Dalam ukiran benda tersebut kaya narasi mengenai klan bersangkutan. Dalam ritual, Asesedwa merupakan media yang berfungsi sebagai tempat memanggi roh leluhur. Asesedwa. Menurut cerita turun temurun, asal-usul mereka berasal dari Kotu/Ketu atau Amedzowe, terletak di sebelah timur Sungai Niger. Kira-kira pada 1500, leluhur mereka bermigrasi ke Notsie, Togo. Pada mulamya, migrasi merek...

Dua Kelahiran (Sebuah Esai Kontemplatif)

Kita kerap disuguhkan bahwa lahir, menua, kemerosotan fisik atau sakit/penyakitan, dan kemudian kematian adalah Penderitaan ( dukkha ). Bahasa sehari-harinya, kita sering kali tidak rela ketiga peristiwa akibat dari dilahirkan tadi menimpa kita dan orang-orang terdekat. Keempat fenomena alam tadi masuk klasifikasi penderitaan disebakan jasmani.  Ada klasifikasi penderitaan lainnya: bersama yang tak disenangi/dicintai, berpisah ataupun kehilangan yang disenangi/dicintai, dan terakhirnya adalah tidak memeroleh apa yang dihasratingini/dinafsui. Saya istilahkan penderitaan disebabkan oleh kemampuan mengada yang darinya muncul kemampuan mengingini (mengidealkan dunia kita alami). Mohon diingat. Ini adalah tulisan bersifat kontemplatif dan ini rasa-rasanya tak ada dalam pengajaran naratif Buddhisme arus utama. Sekedar hasil perenungan dan proses memperjelas istilah yang bagi penulis cukup membingungkan mulanya   Mengapa Kita kerap Alami Suasana Batin Tak Nyaman Kita secara emos...

5 Falsafah Hidup Jawa Ini Membantumu Menemukan Esensi Hidup

Jawa sebagai sekelompok manusia yang dahulu pernah memiliki peradaban maju dan tinggi di berbagai bidang mulai pertanian dan kemaritiman, seni budaya meliputi seni pahat dan tari, arsitektur dan bangunan, hingga tata pemerintahan, bangsa Jawa seperti halnya lingkaran-lingkaran kelompok kebudayaan lain juga memiliki pandangan kosmologis dalam hal relasi eksistensi diri dengan alam atau jagad. Alih-alih bercorak kontemplasi spekulatif, pandangan falsafah hidup leluhur Jawa adalah realisme kontemplatif. Corak penghayatan falsafah Jawa ini lebih menekankan pada aspek spiritual eksplorasi internal daripada pengikatan diri pada sistem kepercayaan eksternal ( religion ) yang karakternya alih-alih dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan spiritual dan budi, tetapi ketertundukan buta yang sama sekali tak menyadarkan dan tak mendidik. Dari kesadaran relasi tadi, tindak-tanduk orang Jawa dicirikan simbolisme, misalnya sesajen dan upacara-upacara dalam mengekspresikan hubungan eksistensi denga...

Refleksi Novel Buddha Sebuah Novel-nya Deepak Chopra

Ini adalah novel berjudul sama kedua aku beli, untuk koleksi. Kadang, saya membacai ulang bagian yang menyimpan pesan ajaran, yang perlu kita bacai seksama dan mengontemplasikannya. Salah satu novel yang berkontribusi kepada diriku tentang, setidaknya secara pemahaman, apa yang dikehendaki dari tiada aku ( anatta ), atau aku ( atta ) yang sekedar ilusi alias tidak hakiki atau bukan sejatinya aku. Si  aku  hanya konsepsi bentukan mental. Dok. Pribadi. Anatta adalah satu dari tiga Ciri Universal Keberadaan ( Tilakkhana ). Dua lainnya adalah impermanesi atau dalam pemahamanku bahwa semua hal mengalami perubahan tanpa ujung (anicca) dan berikutnya adalah penderitaan atau tidak memuaskan (dukkha) yang dalam pemahaman sederhanaku adalah semua susunan yang memiliki atribut mental mengalami ketidakpuasan dan penderitaan (dukkha). Pengalamanku, menyadari anatta adalah poin krusial dalam ajaran Sang Buddha. Secara alamiah untuk terjadinya transformasi psikis yang setelahnya kelegaan yan...

๐™€๐™ก๐™ž๐™ฃ๐™œ ๐™ก๐™–๐™ฃ ๐™’๐™–๐™จ๐™ฅ๐™–๐™™๐™๐™–, ๐—”๐—ฝ๐—ฎ ๐™จ๐™ž๐™ ๐— ๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐˜‚๐—ฑ๐—ป๐˜†๐—ฎ?

Leluhur mewariskan kita ajian tentang bagaimana menjalani hidup yang damai dalam diri, dituangkan dalam ๐˜ด๐˜ข๐˜ฏรฉ๐˜ฑ๐˜ข. Dengan itu kita diminta membuka kitab kita sendiri. Kitab itu adalah batin kita masing-masing untuk ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ด๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ช dan ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช. Orang Sunda dan orang Kenekes (Badui di Lebak, Banten) menyebut "ngaji diri". ๐˜Œ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ธ๐˜ข๐˜ด๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฉ๐˜ข (baca: ๐˜ธ๐˜ข๐˜ด๐˜ฑ๐˜ฐ๐˜ฅ๐˜ฉ๐˜ฐ) adalah ajaran bagaimana mergondisikan batin tiada gangguan agar kembali tenang, tiadanya semacam lubang dalam ruhani atau psikis atau batin, batin puas dengan yang ada, batin bening dan suci sebagaimana sifat asalinya, atau psikis bagaimana mengalami rasa syukur yang sebenar-benarnya syukur (bukan syukur ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃรฉ) apapun sedang dijumpai. ๐™’๐™–๐™จ๐™ฅ๐™–๐™™๐™๐™– "Waspadha" (baca: waspodho) atau ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข'๐˜ฏรฉ adalah hadirnya pikiran pada saat-kini, pada momen yang berlangsung. Kita sering makan tetapi kita tak sepenuhnya benar-benar makan, tidak a๐˜ธ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ denga...

How To Die, Nasihat Seneca tentang Kematian

Tentang kematian. Buku ini berisi petuah-petuah Seneca ke kawan dan orang-orang dekat yang butuh nasihat penghiburan. Yah, topik yang tabu bagi kebanyakan awam tetapi mendapat posisi penting dalam banyak perenungan para filsuf. Terdiri lima bab, enam bersama epilog, buku How To Die (Sebuah Panduan Klasik Menjelang Ajal) yang entah editornya siapa ini adalah potongan-potongan petuah dalam surat-surat Seneca ke kawan dan kenalan, yang disusun sistematis sedemikian rupa. Ada beberapa hal penting bisa kita tarik sebagai kesimpulan penting dari buku dengan total halaman ix + 157 ini. Pertama . Seneca memberi nasihat kepada kita akan pentingnya merenungkan kematian agar kita siap kapan saja ia datang. Keterlemparan ke dunia ini dipungkasi kematian, kita harus bersiap diri secara mental dengan harapan kita mampu melewati fase itu dengan tidak banyak gangguan. ... bayi, anak kecil, atau orang-orang yang pikirannya terganggu tidak ada yang takut pada kematian; sangat menyedihkan apabila nalar ...

Ngulik Buku "Dengarkanlah Pandangan Hidup Timur, Zen, dan Jalan Pembebasan"

Buku ini, sebagaimana pengakuan penulis, berangkat dari pengalaman pribadi yang pernah dilanda tekanan hidup berat, depresi, di masa-masa menempuh program doktoral di Jerman bersamaan dengan krisis yang terjadi dalam rumah tangga dan keluarganya. Pada akhirnya semua itu mengantarkan pribadinya mengenal, mendalami, dan mempraktikkan  Zen  (Meditasi).  Depresi dapat dirumuskan kesedihan yang berkelanjutan. Kesedihan adalah penderitaan. Penderitaan muncul karena ketidaksesuaian kenyataan dengan yang dipikirkan. Semua bermula pada pikiran. Buku ini sebenarnya sepaket dengan buku Mencari Ke Dalam: Zen dan Hidup yang Meditatif , ditulis Reza A. A Wattimena. Diterbitkan oleh penerbit Karaniya (2018). Dimensi 14 cm x 21 cm, dan jumlah halamannya adalah 220 (xviii+202 hlm). Buku terdiri dari 8 bab, selain bab-bab lain seperti halnya buku-buku yang kita acap jumpai dan prolog. Jika kita bacai seksama, maka secara imajiner dapat dikelompokkan menjadi 2 topik pembahasan kemudian: (i)...

Mengapa Banyak Orang Amerika Menganggap Buddhisme Sekedar Filsafat?

Di Asia timur, Buddhis merayakan mangkatnya Buddha dan datangnya pencerahan di akhir bulan Februari. Akan tetapi di kuil  Zen  lokal saya di North Carolina, pencerahan Buddha diperingati selama musim liburan bulan Desember, diisi dengan ceramah singkat bagi anak-anak, penyalaan lilin, dan makan malam ala kadarnya di akhir acara. Selamat datang di Buddhisme, gaya Amerika. Pengaruh Awal Pengaruh Buddhisme dalam kesadaran budaya masyarakat Amerika muncul di akhir-akhir abad ke-19. Zaman ketika gagasan romantis tentang mistisisme Timur nan eksotis memantik imajinasi filsuf dan penyair Amerika, penikmat seni, dan angkatan awal para penstudi religi-religi global. Penyair dengan kecenderungan gaya transendentalis seperti Henry David Thoreau dan Ralph Waldo Emerson mempelajari filsafat Hindu dan Buddha secara mendalam. Juga ada Henry Steel Olcott, yang rela pergi ke Sri Lanka pada 1880, yang melakukan konversi ke Buddhisme dan mendirikan aliran filosofi mistik yang terkena...

Kesejajaran Stoikisme & Buddhisme

Terlepas ada banyak ajaran menawarkan cara berbahagia, terlepas seberapa kokoh dan efektif untuk seseorang atau tidak, terlepas tawaran metode itu memperkenalkan seseorang akan apa sejatinya dirinya atau tidak, spiritualisme adalah sarana kultivasi batin atau kesadaran, seni berbahagia dalam kehidupan. Tulisan ini menghadirkan beberapa kesamaan ajaran Stoikisme dan Buddhisme. 1/ Titik Berangkat Lahir dari rahim kebudayaan berbeda dan berjauhan, meski pada zaman itu telah ada hubungan kebudayaan dan politik. Buddhisme berdiri di wilayah yang saat ini masuk Nepal dan India utara pada sekitar 500 SM dan Stoikisme dimulai di Athena, Yunani, sekitar 300 SM.  Stoikisme dinisbatkan ke Zeno sebagai pendiri. Setelah selamat dari peristiwa kapal yang ditumpangi dan berisi barang dagangannya berupa pewarna ungu, bahan pewarna paling mahal dan langka di zamannya, ia terdampar di Athena. Suatu hari ia menyambangi toko buku dan tertarik  Memorabilia  Xenophon. Terkesan dengan isi ...