Langsung ke konten utama

Kesejajaran Stoikisme & Buddhisme

Terlepas ada banyak ajaran menawarkan cara berbahagia, terlepas seberapa kokoh dan efektif untuk seseorang atau tidak, terlepas tawaran metode itu memperkenalkan seseorang akan apa sejatinya dirinya atau tidak, spiritualisme adalah sarana kultivasi batin atau kesadaran, seni berbahagia dalam kehidupan. Tulisan ini menghadirkan beberapa kesamaan ajaran Stoikisme dan Buddhisme.


1/ Titik Berangkat

Lahir dari rahim kebudayaan berbeda dan berjauhan, meski pada zaman itu telah ada hubungan kebudayaan dan politik. Buddhisme berdiri di wilayah yang saat ini masuk Nepal dan India utara pada sekitar 500 SM dan Stoikisme dimulai di Athena, Yunani, sekitar 300 SM. 

Stoikisme dinisbatkan ke Zeno sebagai pendiri. Setelah selamat dari peristiwa kapal yang ditumpangi dan berisi barang dagangannya berupa pewarna ungu, bahan pewarna paling mahal dan langka di zamannya, ia terdampar di Athena.

Suatu hari ia menyambangi toko buku dan tertarik Memorabilia Xenophon. Terkesan dengan isi buku, Zeno bertanya ke penjualnya di mana ia bisa menemukan orang seperti Socrates. Bersamaan itu, melintas filsuf Sinisme paling terkenal, Crates dari Thebes, berjalan melalui mereka. Jari si penjual seketika menunjuk ke Crates dan menganjurkannya mengikutinya.

Buddhisme didirikan oleh Siddhartha Gautama. Dalam pencarian jawaban akan penderitaan dan jalan pembebasan darinya. Ia sampai pada bahwa penyebab dari semua penderitaan adalah nafsu keinginan atau hasrat kuat, dan loba.

Keduanya mengajarkan untuk mencari kebahagiaan dari sumber internal, ke dalam diri, sehingga pasang surut dan ketidakpastian kehidupan tak akan menjadikan terpuruk. Dengan kata lain, menciptakan kebahagiaan tanpa bergantung stimulus eksternal.


2/ Selaras Alam & Anicca

Meski interpretasi mengalami pergeseran dari pendekatan rasionalisme ke empirisme dewasa ini, doktrin ini adalah fundamental dalam Stoik. Era Yunani kuno, selaras Alam berarti secara kodrat, untuk menemukannya, pendekatannya rasionalisme spekulatif. Karena itu, menurut Manampiring, awal kata seyogianya ditulis kapital untuk membedakannya dengan alam dalam arti sebagai kaidah alam fisis. Pemaknaan yang kedua ini dipegang Pigliuci, yang tak lain tak bukan adalah the law of nature. Kita harus memahami kerja alam ini dalam menumbuhkan sikap bijak dan bertindak sampai batas mana dan apa saja yang sekiranya di bawah kendali kita, apa-apa yang sekiranya bisa diupayakan, dan apa saja yang di luar kendali kita. Marcus Aurelius:
Kamu memiliki kendali atas pikiranmu—bukan kejadian-kejadian di luar sana. Sadari ini, dan kamu akan menemukan kekuatan.

Selaras alam dalam koridor empirisme artinya tidak menyangkal kerja alam dan kita secara mental berusaha menyesuaikan dengan itu. Misalnya, tak ada gunanya bersedih dengan kematian, walau secara etis kita harus bersikap sewajarnya. Epictetus mengajarkan,

Siapa pun yang mengingini atau menghindari hal-hal yang ada di luar kendalinya tidak pernah akan benar-benar merdeka dan bisa setia pada dirinya sendiri, tetapi akan terus terombang-ambing terseret hal-hal tersebut.

Doktrin ini adalah kunci dalam usaha menciptakan kebahagiaan internal, apatheia. Prokopton harus paham kerja fisika umum dan alam di mana kita bagian mutlak. Misalnya, sebab anda lahir, maka anda menua, maka anda sakit, dan pasti anda mati.

Doktrin selaras alam tadi sejajar dengan doktrin anicca dalam doktrin Ciri Keberadaan Buddhisme, bahwa apa yang kita konsepsikan misalnya air, uap air, dan awan, bukanlah hal yang secara esensial abadi, kekal, atau permanen. Melainkan gabungan sebab yang mengondisikan hal sebelumnya. Dengan kata lain, yang sekarang menjadi "kondisi ini" adalah akibat dari suatu sebab atau akumulasi sebab yang mengakibatkannya. Tak terkecuali fisik kita hanyalah kumpulan dan susunan hal atau zat alam yang entah kapan akan terpecah kembali. Memunggungi kaidah alam dan menyangkal anicca bukan orang bijak. Yonge Mingyur Rinpoche mengatakan,

Memahami ... kondisi dasar kehidupan adalah langkah pertama untuk bebas dari ketidaknyamanan dan kegelisahan.
Di antara penderitaan yang kita rasakan menyeruak manakala menginginkan yang berubah untuk tetap.

3/ Aphateia & Nibbana

Kesamaan berikutnya adalah keduanya berangkat dari fenomena penderitaan—ketidakpuasan, kebencian, amarah, watak iritatif, keputusasaan, kebingungan, kegelisahan, loba atau selalu merasa kurang, dst.—yang dialami manusia, entah itu ringan atau berat. Dalam Buddhisme, kenyataan ini tergambar dalam Kebenaran Ariya pertama, dukkha. Dalam Stoikisme terkandung dalam doktrin apatheia atau disebut pula atharaxia.

Stoikisme mengajarkan pada pemetaan kendali, yaitu apa yang di bawah kendali mutlak kita dan tidak. Misalnya perihal persepsi bagaimana yang bijak dalam merespon atau menyikapi suatu keadaan yang kebetulan kita hadapi sekarang kini. Umpamanya, menghadapi kenyataan orang dikasihi mati, ditinggal orang tersayang, atau kondisi-kondisi (yang oleh mental dipersepsikan) tragis, bencana alam misalnya. Fenomena dan realitas aktual adalah netral. Misal lainnya, keinginan kita tak tercapai atau menghadapi kebencian orang terhadap kita.

Munculnya dorongan dan bagaimana cara kita bereaksi karena ada stimulus eksternal tadi, seperti ujar Epictetus adalah, "Terserah kita". Dalam arti, apakah kita bereaksi balik dengan cara yang sama besarnya atas stimulus eksternal diterima persepsi otak kita atau "memgabaikannya" adalah mutlak pilihan merdeka kita, di bawah kendali kita. Kata Epictetus.
Jika seseorang berhasil memprovokasimu, sadarilah jika pikiranmu terlibat dalam provokasi itu.

Ajaran pemetaan kendali Stoikisme ini secara umum sejajar terhadap Kebenaran Ariya, yaitu dari mana sumber penderitaan/ketidakpuasan manakala berhadapan silih berganti fenomena, dan kebenaran akan ada cara untuk menyudahinya. 

Menyudahi ketidakpuasan atau penderitaan hanya mungkin bila dalam diri seseorang telah terbangun pandangan cerah, yang juga bertalian dengan sadar akan Ciri Keberadaan. Ini akan segera disusul dengan sendirinya ketergugahan mental/batin. Pikiran-kebuddhaan, atau istilah teknisnya Nibbana. Nasihat Guru Zen Buddhisme Thich Nhat Hanh,

Pikiran tidak menggenggam pikiran; pikiran tidak mengusir pikiran. Pikiran hanya bisa mengamati dirinya sendiri.

Apatheia dan Nibbana adalah kebahagiaan yang tanpa bergantung stimulus. Kebahagiaan tanpa perlu syarat. Kebahagiaan tanpa perlu kausal eksternal. Karenanya secara literal disebut kebahagiaan sejati.


4/ Hic et Nunc & Samadithi

Meski berbeda penjelasan, dua doktrin Stoikisme dan Buddhisme ini memiliki kesamaan berikutnya, yaitu Hic et Nunc dalam Stoikisme dan Samadithi dalam Buddhisme. Sama-sama merujuk pada praktik hidup meditatif. Sammadithi kadang dipadankan mindfulness.

Kedua ajaran mengajarkan hidup meditatif, segenap mental Anda hadir di-sini dan saat-kini, di mana tubuh Anda berada. Pentingnya hidup meditatif adalah latihan praktis pikiran/mental, melatihnya untuk tidak "nggrambyang" dan berloncatan liar ke sana kemari, ke masa lalu dan masa datang, layaknya seekor monyet berloncatan di antara dahan pohon tiada bisa diam-hening.

Postingan populer dari blog ini

Review Buku Harmoni Dengan Segala Kehidupan Karya Eckhart Tolle

Buku ini diperhatikan bab-babnya berisi beberapa topik yang di awal-awal menyampaikan perihal kesaatkinian dan korelasinya adalah pelampuan gagasan yang mana meliputi gagasan waktu dan gagasan keterpisahan perihal ilusi eksistensi atau aku terpisah mutlak dari keberadaan lainnya ( atta ), kemudian topik diakhiri perihal "harmoni dengan segala kehidupan", yang dalam bahasa sederhana saya adalah: yang biasa dikira aku sejatinya adalah elemen tiada terpisah dari alam semesta. Anda adalah alam semesta itu sendiri.  Secara sistematis, bab-bab secara serial mengarahkan pembaca kepada kesadaran—apa yang diistilahkan Tolle sebagai—"ruang internal". Sebab di sanalah sumber keberhidupan dan arah tepat pencarian kebahagiaan, ketenangan batiniah. Itu muncul ketika konsepsi aku padam—tidak membersit pada pikiran Anda. Dengan kata lain, Anda menjalani, melakukan, menghadapi yang saat-kini Anda di situ dengan mode pikiran intuitif. Gaya Kebahasaan Gaya pengungkapan keb...

Orang Ewe dan Agama Kepercayaan Tradisionalnya

Orang Ewe bisa dijumpai di  Ghana, Togo, dan Benin. Semuanya adalah negara-negara di bagian barat benua Afrika. Populasi terbesar mendiami Ghana. Tradisi dan kepercayaanya banyak dipengaruhi kebudayaan orang Akan dan Yoruba. Bahasa ibu orang Ewe termasuk rumpun Gbe. Orang Ewe terbagi menjadi klan-klan, tetapi menurut cerita lisan dikatakan berakar pada garis leluhur yang sama. Sistem kepemilikan properti adalah komunal, tidak menganut kepemilikan properti secara individu. Asesedwa , kesenian kayu menyerupai bangku, sangat esensial dalam tradisi Ewe. Karenanya, hal itu dibuat dan diukir sangat hati-hati. Dalam ukiran benda tersebut kaya narasi mengenai klan bersangkutan. Dalam ritual, Asesedwa merupakan media yang berfungsi sebagai tempat memanggi roh leluhur. Asesedwa. Menurut cerita turun temurun, asal-usul mereka berasal dari Kotu/Ketu atau Amedzowe, terletak di sebelah timur Sungai Niger. Kira-kira pada 1500, leluhur mereka bermigrasi ke Notsie, Togo. Pada mulamya, migrasi merek...

Dua Kelahiran (Sebuah Esai Kontemplatif)

Kita kerap disuguhkan bahwa lahir, menua, kemerosotan fisik atau sakit/penyakitan, dan kemudian kematian adalah Penderitaan ( dukkha ). Bahasa sehari-harinya, kita sering kali tidak rela ketiga peristiwa akibat dari dilahirkan tadi menimpa kita dan orang-orang terdekat. Keempat fenomena alam tadi masuk klasifikasi penderitaan disebakan jasmani.  Ada klasifikasi penderitaan lainnya: bersama yang tak disenangi/dicintai, berpisah ataupun kehilangan yang disenangi/dicintai, dan terakhirnya adalah tidak memeroleh apa yang dihasratingini/dinafsui. Saya istilahkan penderitaan disebabkan oleh kemampuan mengada yang darinya muncul kemampuan mengingini (mengidealkan dunia kita alami). Mohon diingat. Ini adalah tulisan bersifat kontemplatif dan ini rasa-rasanya tak ada dalam pengajaran naratif Buddhisme arus utama. Sekedar hasil perenungan dan proses memperjelas istilah yang bagi penulis cukup membingungkan mulanya   Mengapa Kita kerap Alami Suasana Batin Tak Nyaman Kita secara emos...

5 Falsafah Hidup Jawa Ini Membantumu Menemukan Esensi Hidup

Jawa sebagai sekelompok manusia yang dahulu pernah memiliki peradaban maju dan tinggi di berbagai bidang mulai pertanian dan kemaritiman, seni budaya meliputi seni pahat dan tari, arsitektur dan bangunan, hingga tata pemerintahan, bangsa Jawa seperti halnya lingkaran-lingkaran kelompok kebudayaan lain juga memiliki pandangan kosmologis dalam hal relasi eksistensi diri dengan alam atau jagad. Alih-alih bercorak kontemplasi spekulatif, pandangan falsafah hidup leluhur Jawa adalah realisme kontemplatif. Corak penghayatan falsafah Jawa ini lebih menekankan pada aspek spiritual eksplorasi internal daripada pengikatan diri pada sistem kepercayaan eksternal ( religion ) yang karakternya alih-alih dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan spiritual dan budi, tetapi ketertundukan buta yang sama sekali tak menyadarkan dan tak mendidik. Dari kesadaran relasi tadi, tindak-tanduk orang Jawa dicirikan simbolisme, misalnya sesajen dan upacara-upacara dalam mengekspresikan hubungan eksistensi denga...

Refleksi Novel Buddha Sebuah Novel-nya Deepak Chopra

Ini adalah novel berjudul sama kedua aku beli, untuk koleksi. Kadang, saya membacai ulang bagian yang menyimpan pesan ajaran, yang perlu kita bacai seksama dan mengontemplasikannya. Salah satu novel yang berkontribusi kepada diriku tentang, setidaknya secara pemahaman, apa yang dikehendaki dari tiada aku ( anatta ), atau aku ( atta ) yang sekedar ilusi alias tidak hakiki atau bukan sejatinya aku. Si  aku  hanya konsepsi bentukan mental. Dok. Pribadi. Anatta adalah satu dari tiga Ciri Universal Keberadaan ( Tilakkhana ). Dua lainnya adalah impermanesi atau dalam pemahamanku bahwa semua hal mengalami perubahan tanpa ujung (anicca) dan berikutnya adalah penderitaan atau tidak memuaskan (dukkha) yang dalam pemahaman sederhanaku adalah semua susunan yang memiliki atribut mental mengalami ketidakpuasan dan penderitaan (dukkha). Pengalamanku, menyadari anatta adalah poin krusial dalam ajaran Sang Buddha. Secara alamiah untuk terjadinya transformasi psikis yang setelahnya kelegaan yan...

𝙀𝙡𝙞𝙣𝙜 𝙡𝙖𝙣 𝙒𝙖𝙨𝙥𝙖𝙙𝙝𝙖, 𝗔𝗽𝗮 𝙨𝙞𝙝 𝗠𝗮𝗸𝘀𝘂𝗱𝗻𝘆𝗮?

Leluhur mewariskan kita ajian tentang bagaimana menjalani hidup yang damai dalam diri, dituangkan dalam 𝘴𝘢𝘯é𝘱𝘢. Dengan itu kita diminta membuka kitab kita sendiri. Kitab itu adalah batin kita masing-masing untuk 𝘥𝘪𝘴𝘪𝘯𝘢𝘰𝘯𝘪 dan 𝘥𝘪𝘱𝘦𝘵𝘢𝘯𝘪. Orang Sunda dan orang Kenekes (Badui di Lebak, Banten) menyebut "ngaji diri". 𝘌𝘭𝘪𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘯 𝘸𝘢𝘴𝘱𝘢𝘥𝘩𝘢 (baca: 𝘸𝘢𝘴𝘱𝘰𝘥𝘩𝘰) adalah ajaran bagaimana mergondisikan batin tiada gangguan agar kembali tenang, tiadanya semacam lubang dalam ruhani atau psikis atau batin, batin puas dengan yang ada, batin bening dan suci sebagaimana sifat asalinya, atau psikis bagaimana mengalami rasa syukur yang sebenar-benarnya syukur (bukan syukur 𝘬𝘦𝘮𝘣𝘢𝘯𝘨 𝘭𝘢𝘮𝘣é) apapun sedang dijumpai. 𝙒𝙖𝙨𝙥𝙖𝙙𝙝𝙖 "Waspadha" (baca: waspodho) atau 𝘯𝘺𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢'𝘯é adalah hadirnya pikiran pada saat-kini, pada momen yang berlangsung. Kita sering makan tetapi kita tak sepenuhnya benar-benar makan, tidak a𝘸𝘢𝘳𝘦 denga...

How To Die, Nasihat Seneca tentang Kematian

Tentang kematian. Buku ini berisi petuah-petuah Seneca ke kawan dan orang-orang dekat yang butuh nasihat penghiburan. Yah, topik yang tabu bagi kebanyakan awam tetapi mendapat posisi penting dalam banyak perenungan para filsuf. Terdiri lima bab, enam bersama epilog, buku How To Die (Sebuah Panduan Klasik Menjelang Ajal) yang entah editornya siapa ini adalah potongan-potongan petuah dalam surat-surat Seneca ke kawan dan kenalan, yang disusun sistematis sedemikian rupa. Ada beberapa hal penting bisa kita tarik sebagai kesimpulan penting dari buku dengan total halaman ix + 157 ini. Pertama . Seneca memberi nasihat kepada kita akan pentingnya merenungkan kematian agar kita siap kapan saja ia datang. Keterlemparan ke dunia ini dipungkasi kematian, kita harus bersiap diri secara mental dengan harapan kita mampu melewati fase itu dengan tidak banyak gangguan. ... bayi, anak kecil, atau orang-orang yang pikirannya terganggu tidak ada yang takut pada kematian; sangat menyedihkan apabila nalar ...

Ngulik Buku "Dengarkanlah Pandangan Hidup Timur, Zen, dan Jalan Pembebasan"

Buku ini, sebagaimana pengakuan penulis, berangkat dari pengalaman pribadi yang pernah dilanda tekanan hidup berat, depresi, di masa-masa menempuh program doktoral di Jerman bersamaan dengan krisis yang terjadi dalam rumah tangga dan keluarganya. Pada akhirnya semua itu mengantarkan pribadinya mengenal, mendalami, dan mempraktikkan  Zen  (Meditasi).  Depresi dapat dirumuskan kesedihan yang berkelanjutan. Kesedihan adalah penderitaan. Penderitaan muncul karena ketidaksesuaian kenyataan dengan yang dipikirkan. Semua bermula pada pikiran. Buku ini sebenarnya sepaket dengan buku Mencari Ke Dalam: Zen dan Hidup yang Meditatif , ditulis Reza A. A Wattimena. Diterbitkan oleh penerbit Karaniya (2018). Dimensi 14 cm x 21 cm, dan jumlah halamannya adalah 220 (xviii+202 hlm). Buku terdiri dari 8 bab, selain bab-bab lain seperti halnya buku-buku yang kita acap jumpai dan prolog. Jika kita bacai seksama, maka secara imajiner dapat dikelompokkan menjadi 2 topik pembahasan kemudian: (i)...

Mengapa Banyak Orang Amerika Menganggap Buddhisme Sekedar Filsafat?

Di Asia timur, Buddhis merayakan mangkatnya Buddha dan datangnya pencerahan di akhir bulan Februari. Akan tetapi di kuil  Zen  lokal saya di North Carolina, pencerahan Buddha diperingati selama musim liburan bulan Desember, diisi dengan ceramah singkat bagi anak-anak, penyalaan lilin, dan makan malam ala kadarnya di akhir acara. Selamat datang di Buddhisme, gaya Amerika. Pengaruh Awal Pengaruh Buddhisme dalam kesadaran budaya masyarakat Amerika muncul di akhir-akhir abad ke-19. Zaman ketika gagasan romantis tentang mistisisme Timur nan eksotis memantik imajinasi filsuf dan penyair Amerika, penikmat seni, dan angkatan awal para penstudi religi-religi global. Penyair dengan kecenderungan gaya transendentalis seperti Henry David Thoreau dan Ralph Waldo Emerson mempelajari filsafat Hindu dan Buddha secara mendalam. Juga ada Henry Steel Olcott, yang rela pergi ke Sri Lanka pada 1880, yang melakukan konversi ke Buddhisme dan mendirikan aliran filosofi mistik yang terkena...